KEBUTUHAN NUTRISI PADA TUMBUHAN

Nutrisi Pada Tumbuhan- Laporan Praktikum Biologi Umum



NUTRISI PADA TUMBUHAN
1.      ALAT DAN BAHAN
ü  mikroskop
Gunting
Timbangan
Pisau
Silet
Erlenmeyer
Object glas
Deck glas
ü  Eosin
Isolasi
Tanaman pacar air
Tanaman herba
Kertas kobalt khlorida
2.      Tujuan
1.      Membuktikan bahwa tumbuhan menguapkan air.
2.      Membuktikan bahwa tanaman melakukan transpirasi.
3.      Memahami daya serap air pada tumbuhan
3.      Cara kerja
Kegiatan 1 : pengamatan daya hisap air
1.      Sediakan larutan eosin 0.1 % dalam Erlenmeyer sampai  nya
2.      Masukkan tanaman pacar air beserta akarnya yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian biarkan selama 1 jam.
3.      Perhatikan dengan cermat perubahan warna yang terjadi pada bagian tertentu dari tanaman tersebut (batang dan urat daun).
4.      Potong secara melintang batang yang mengalami perubahan warna tersebut dan gambarlah. Untuk lebih jelasnya, amati dengan mikroskop
5.      Ambil kesimpulan dari hasil pengamatan tersebut.

Kegiatan 2 : pengamatan tumbuhan menguapkan air
1.      Buatlah kertas kobalt khlorida dengan ukuran 1×3 cm. dengan cara : guntinglah kertas saring ukuran 1×3 cm, kemudian celupkan dalam larutan kobalt khlorida dan keringkan. Dalam keadaan kering kertas kobalt khlorida berwarna biru tetapi pada keadaan basah berwarna merah.
2.      Tempelkan kertas kobalt khlorida pada permukaan atas dan permukaan bawah daun masing-masing 5 buah, tutuplah dengan isolasi transparan.
3.      Amati perubahan warna yang terjadi. Catat waktunya.
4.      Ambil kesimpulan dari hasil pengamatan tersebut.

(buku praktikum biologi umum UNNES)

4.      Pembahasan
Kegiatan 1. pengamatan daya hisap air
Hasil yang terlihat adalah pada pembuluh xylem batang terlihat adanya larutan eosin yang berwarna merah muda. Hal ini membuktikan juga bahwa xylem mengangkut air dan garam mineral yang dalam percobaan ini adalah eosin dari akar menuju daun. Percobaan yang dilakukan dibawah sinar matahari lebih banyak eosin yang ada pada irisan melintang batang. Karena pacar air yang dibawah sinar matahari lebih banyak mendapat cahaya sehingga proses penyerapan mineral juga lebih cepat untuk melakukan fotosintesis.
Kegiatan 2
Percobaan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa tanaman menguapkan air. Hasil yang diperoleh pada percobaan ini adalah setelah beberapa menit kertas kobalt yang mulanya berwarna biru berubah menjadi merah setelah ditempel pada daun. Hal ini membuktikan bahwa tanaman menguapkan air. Proses perubahan warna ini terjadi lebih cepat pada bagian bawah daun karena pada bagian bawah daun terdapat lebih banyak stomata, sedangkan pada permukaan daun ditutupi oleh zat kitin. Faktor lain yang mempengaruhi proses ini adalah cahaya, suhu, kelembapan udara. Tanaman yang berada di tempat terang lebih cepat menguapkan air daripada tanaman yang berada ditempat gelap.

Comments