KEBUTUHAN NUTRISI PADA TUMBUHAN

Komunikasi Sel- Tiga Tahap Pensinyalan Sel

Sel dalam setiap organisme sangat penting untuk melakukan komunikasi. komunikasi ini penting untuk mengkoordinasikan aktivitasnya yang dapat memungkinkan organisme untuk berkembang. 

Sinyal yang diterima sel dari sel lain atau dari perubahan lingkungan fisik , terdapat dalam lingkungan fisik terdapat dalam beberapa bentuk, termasuk cahaya dan sentuhan. 

Proses yang berlangsung di ujung penerima pada percakapan seluler dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

1. Penerimaan (reception)
      Penerimaan adalah ketika sel target mendeteksi molekul sinyal yang berasal dari luar sel. Sinyal kimiawi 'terdeteksi' ketika molekul sinyal berikatan dengan protein reseptor yang terletak di permukaan sel atau di dalam sel.

2. Transduksi (transduction)
       Pengikatan molekul sinyal mengubah protein reseptor dengan suatu cara, sehingga menginisiasi proses transduksi. Proses transduksi mengubah sinyal menjadi bentuk yang dapat menyebabkan respon seluler spesifik. transduksi terkadang terjadi dalam satu langkah, namun lebih sering membutuhkan suatu urutan perubahan dalam serangkaian molekul yang berbeda-jalur transduksi sinyal.

3. Respons (response)
        Sinyal yang ditransduksikan akhirnya memicu respon selular spesifik. Respon ini mungkin merupakan aktifitas selular apa pun yang bisa dibayangkan- misalnya katalis oleh suatu enzim, penyusunan ulang sitoskeleton. Proses pensinyalan sel membantu memastikan bahwa aktivitas-aktivitas krusial seperti ini berlangsung dalam sel yang benar, pada waktu yang tepat, dan dalam koordinasi yang sesuai dengan sel-sel lain pada organisme tersebut.

Terima kasih. semoga dapat membantu

Daftar Pustaka
Campbell, Neil A, et al. 2008. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 1 ( alih bahasa oleh Damaring Tyas Wulandari). Penerbit Erlangga: Jakarta .

Comments